BERITA

Baru Tiga Bulan Diresmikan Jokowi, Jalan di PLBN Entikong Rusak

  • 30 Jan 2017

Jalur kedatangan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat (Kalbar) mengalami kerusakan. Titik kerusakan berada di jalur masuk bis antarnegara. Padahal, PLBN ini baru sekitar tiga bulan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).
 
Kepala Unit Pengelola Pos Pemeriksaan Lintas Batas (UP3LB) Entikong Agato Limat mengatakan, kerusakan terjadi sejak beberapa hari lalu. Diduga konstruksi jalan tidak kuat menahan tonase kendaraan yang melewatinya.
 
“Beberapa hari lalu awalnya jalan ini hanya berlubang kecil. Kontur tanahnya sepertinya yang belum stabil, terus dilewati bis besar, membuat aspalnya berlubang,” kata Agato, Senin (20/3/2017).
 
Menurut Agato, awalnya titik kerusakan berupa lubang kecil. Namun karena aktifitas perlintasan kendaraan yang cukup padat, lubang itu membesar dan membentuk cekungan berdiameter lebih kurang 75 centimeter dengan kedalaman 5 hingga 7 centimeter.
 
“PT Wijaya Karya yang menangani pemeliharaan, mereka langsung tanggap dan sekarang dalam tahap perbaikan. Perbaikan mulai dilakukan kemarin (Minggu), diperkirakan dalam 2 sampai tiga hari ke depan selesai. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” ujarnya.
 
Agato menuturkan, kerusakan jalan itu tidak menghambat proses perlintasan kendaraan di PLBN Entikong. Untuk sementara jalur kedatangan bis dari luar negeri dialihkan ke ruas jalan yang tidak rusak.
 
“Memang agak mengganggu sedikit, tapi bisa diatasi dengan pengaturan jalur kendaraan,” tandasnya.
Tags :

Komentar

Maaf belum ada komentar

Kirim komentar